oleh

Penderita DBD di Pringsewu Capai 215 Orang

radarlampung.co.id – Penderita demam berdarah dengue (DBD) di Pringsewu bertambah. Hingga hari ini, tercatat 215 warga terserang penyakit yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti itu.

Kepala Dinas Kesehatan Pringsewu Purhadi membenarkan peningkatan penderita DBD. “Semula 180 kasus dan hingga 31 Januari ada 215 orang yang terkena DBD,” kata Purhadi, Kamis (7/2).

Menurut dia, selain Dinas Kesehatan, diperlukan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan. “Fogging baru dapat dilakukan setelah ada penderita. Untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk adala dengan menjaga kebersihan. Menguras tempat atau genangan air serta kebersihan lainnya,” tegas Purhadi.

Meski begitu, hingga saat ini Dinas Kesehatan Pringsewu belum menetapkan status KLB DBD. Kriteria  KLB telah diatur dalam Kep.Dirjen PPM dan PLP No. 451- I/PD.03.04/1997. Kasus DBD di Pringsewu menyebabkana dua warga meninggal. Yakni Khori Aulia (22), warga RT.01/RW.07 dan Naviatul Munakil (7), warga RT.01/RW.07. (sag/ais)

 

 

 

Komentar

Rekomendasi