oleh

Saluran Irigasi Jebol, Bupati Lamteng Turun Tangan

radarlampung.co.id. – Puluhan warga yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Lampung Tengah bergotong-royong di Dusun Tulungitik, Kampung Gunungsari, Kecamatan Gunungsugih, Kamis (7/2) sekitar pukul 08.00 WIB.

Gotong-royong ini guna memperbaiki tanggul irigasi yang jebol karena hujan. Tampak hadir pula Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto ikut bergotong royong.

Dirinya menyatakan talud irigasi tergerus ke bawah sampai kedalaman 13 meter beber karena hujan.

“Kita gotong-royong perbaiki saluran irigasi yang jebol karena hujan. Talud tergerus ke bawah hingga 13 meteran. Sementara kita timbun pakai karung agar bisa dipergunakan saluran airnya. Irigasi ini kewenangan provinsi, tapi kita tidak bisa menunggu diperbaiki,” katanya.

Jebolnya saluran irigasi ini, kata Loekman, persoalan yang dikeluhkan petani. “Ini keluhan petani karena saluran air tidak maksimal karena talud jebol. Kita tindak lanjuti dengan gotong-royong,” ungkapnya.

Nurifai (45), salah satu warga Kampung Gunungsari, menyatakan saluran B 16 dan 17 ini untuk mengairi sekitar 70-an hektare sawah. “Saluran air yang jebol untuk mengairi sawah sekitar 70-an hektare. Dengan gotong-royong ini mudah-mudah saluran irigasi ini bisa berfungsi normal. Mudah-mudah pihak provinsi segera memperbaiki,” katanya. (sya/wdi)

Komentar

Rekomendasi