oleh

Siap-siap, Lambar Rekrut 188 PPPK

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama mulai 8 Februari. Kuota penerimaan sama dengan CPNSD 2018, yakni 188 orang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Lambar Nukman mengatakan, untuk formasi penerimaan, khususnya tahap pertama adalah formasi honorer katagori dua (K2) dan penyuluh pertanian.

Rinciannya, 147 formasi honorer K2 dan 41 penyuluh pertanian. Untuk guru, syarat mutlak adalah kualifikasi pendidikan minimal strata satu (S1). ”Tahap pertama rekrutmen, hanya untuk dua formasi. Yaitu honorer K2 dan penyuluh pertanian yang merupakan honorer Kementerian Pertanian,” kata Nukman, Kamis (7/2).

Seleksi honorer K2 dan penyuluh pertanian tetap menggunakan sistem CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). ”Nantinya, tahap kedua untuk formasi umum dan teknis. Namun jadwalnya belum bisa pasti. Masih menunggu penetapan pusat,” ujarnya.

Nukman melanjutkan, berdasar UU Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PPPK dikontrak minimal satu tahun dan bisa diperpanjang hingga 30 tahun sesuai kebutuhan. Ini mempertimbangkan kompetensi dan kinerja.

”Menggunakan double track, artinya tidak ada pengangkatan PPPK menjadi PNS secara otomatis. Apabila ingin menjadi PNS, harus mengikuti jalur tes. PPPK mengisi pos-pos jabatan fungsional seperti auditor, guru atau pustakawan. Mereka bisa masuk dari jalur awal, tengah atau yang tertinggi. Sedangkan PNS mengisi jabatan struktural dan dimaksudkan sebagai policy maker, seperti camat, kepala dinas atau dirjen,” ujarnya.

Perbedaan lain antara PNS dan PPPK, tidak ada batasan umur. Karena itu, siapa pun yang memiliki kompetensi bisa mendaftar. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi