oleh

BI Dukung Pengembangan Kampung Kopi di Lambar

radarlampung.co.id – Pengembangan kopi robusta di Lampung Barat, termasuk agrowisata Kampung Kopi di Pekon Rigisjaya, Kecamatan Airhitam mendapat dukungan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Lampung. Sejumlah program akan digulirkan untuk mendorong pengembangan lokasi wisata tersebut.

Usai audiensi dengan Bupati Lambar Parosil Mabsus, Direktur BI Perwakilan Lampung Budiharto Setyawan dan tim langsung melakukan survei ke Kampung Kopi, Jumat (8/2). Nantinya akan ditindaklanjuti dengan bantuan untuk pengembangan destinasi wisata tersebut.

Plt. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar Agustanto Basmar mengatakan, tim dari BI meninjau beberapa titik. Di antaranya sentra kopi luwak, Kebun Raya Liwa (KRL) dan Kampung Kopi.

”Tim BI langsung melakukan survei terkait harapan bapak Bupati agar ada support untuk pengembangan kampung kopi, melalui program-program yang ada di BI,” kata Agustanto.

Menurut dia, berdasarkan  hasil audiensi yang ditindaklanjuti dengan survei, BI akan mendirikan pojok baca di Kampung Kopi. Ini dilaksanakan melalui program Indonesia Cerdas yang ada di BI.

”Jadi BI punya program Indonesia Cerdas. Salah satunya akan digulirkan di Lambar, khususnya di Kampung Kopi. Selain itu, ada program lainnya yang memang sudah direaliasikan oleh BI,” ujarnya.

Terkait sekolah kopi yang direncanakan Pemkab Lambar, BI meminta kepastian. Nantinya BI akan kembali memberikan support seperti program-program lainnya. ”Alhamdulillah, pihak BI juga tampaknya sangat serius mendukung pengembangan kopi robusta di Lambar. Soal sekolah kopi, mereka meminta kepastian pemerintah daerah,” sebut dia. (nop/ais)

 

Komentar

Rekomendasi