oleh

Tingkatkan Kewaspadaan, BPBD Mesuji Bentuk TRC

RADARLAMPUNG.CO.ID – Curah hujan tinggi di Mesuji membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat kembali mempersiapkan petugas yang tergabung dalam tim reaksi cepat (TRC). Hal itu guna melayani masyarakat apabila terjadi bencana alam pada musim hujan seperti sekarang ini.

Kepala BPBD Mesuji Sahril pada Radar Lampung Jumat (8/2), mengatakan, TRC merupakan tim khusus dan terdidik dalam hal penanganan bencana alam, dan mereka siap selama 24 jam.

“Mereka ini bertugas selama 24 jam, sehingga jika terjadi bercana alam mereka akan bergerak cepat ke lokasi bencana. Jadi jika mendapat laporan dari warga, camat, atau kepala desa, tim tersebut akan langsung datang ke lokasi dan melakukan penanganan bencana,” kata dia.

Menurutnya, saat ini curah hujan cukup tinggi. Oleh karenanya, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan. Selain bencana alam berupa banjir akibat hujan deras, jenis bencana alam yang juga berpotensi terjadi adalah angin kencang.

Dia mengatakan, meskipun kondisi curah hujan yang turun tinggi namun saat ini belum berpotensi menimbulkan bencana banjir. Kendati begitu pihaknya akan terus siaga mengawasi debit air sungai di daerah yang berpotensi terjadi bencana banjir.

Tiga kawasan di Kabupaten Mesuji yang terdata rawan banjir, yakni kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, dan Rawa jitu Utara.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai datangnya cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu bisa terjadi, yang bisa menyebabkan bencana alam. Dia menyarankan warga untuk berkoordinasi dengan kepala desa, kecamatan, dan pihak terkait jika daerahnya terjadi banjir. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi