oleh

Bawaslu Lampung Cari 26.265 Pengawas TPS

Radarlampung.co.id – Bawaslu Lampung kini memberikan kesempatan kepada semua masyarakat untuk bergabung sebagai Pengawas Tempat Pemingutan Suara (TPS).

Karena jumlah Pengawas TPS serupa dengan jumlah TPS di Lampung, maka pengawas TPS dibutuhkan sebanyak 26.265 pengawas. Seperti yang diketahui Lampung memiliki 26.265 TPS.

Anggota Bawaslu Lampung Divisi SDM Adek Asy’ari menjelaskan, pendaftaran pengawas TPS dimulai 11 dan 12 Februati 2019. Masyarakat bisa mendaftarkan dirinya ke Bawaslu kabupaten/kota.

“Iya benar kami membutuhkan pengawas TPS sebanyak 26.265 untuk mengawasi seluruh TPS se Lampung. Untuk pendaftarannya melalui Bawaslu kabupaten/kota, maka nantinya jumlah kebutuhan menyesuaikan jumlah TPS tiap kabupaten/kota,” kata Adek saat dikonfirmasi melalui sambungan ponsel, Sabtu (9/2).

Ia menambahkan, usai melakukan pendaftaran, calon pengawas TPS tersebut akan melalui proses seleksi sesuai prosedur yang ditetapkan. Bagi yang dinyatakan lulus seleksi, akan dilantik dan mulai bekerja 25 Maret mendatang.

Tidak sebatas itu, sambung Adek, udai dilantik Bawaslu akan memberikan bimbingan teknis apa saja tugas yang akan dilakukan pengawas TPS sebagai perpanjangan tangan Bawaslu. 

“Usai dilantik akan kami bimtek dan beri pemahaman, nantinya ada masa persiapan pemungutan suara hingga perhitungan suara. Misalnya mulai perpindahan surat suara dari KPU ke PPK, PPK ke PPS, akan kami libatkan termasuk mulai pembagian C6 atau formulir undangan pemilih hingga pembuatan TPS,” jelasnya.

Komentar

Rekomendasi