oleh

Pekon Terpencil Tak Tersentuh Program KB, Pelayanan Jemput Bola Diaktifkan

radarlampung.co.id—Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan  Pengendalian  Penduduk Keluarga Berencana (PPPA dan PPKB) Tanggamus turun gunung menyukseskan program KB serta pelayanan dan penyuluhan reproduksi sehat ditiap pekon. Sasaran utamanya, pekon yang jauh dari pusat pelayanan.

Kepala Dinas PP dan KB, Edison, mengatakan, pelayanan jemput bola di tiap pekon tersebut mulai digulirkan dalam waktu dekat ini.

Program ini bertujuan agar masyarakat dapat merasakan pelayanan secara langsung tanpa harus mendatangi pusat pelayanan KB, yang mungkin aksesnya jauh, utamanya masyarakat berada diwilayah terpencil.

“Kalau selama ini, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan yang datang. Tetapi saat ini tidak, justru petugas lapangan KB berkoordinasi dengan kesehatan yang jemput bola, ke pekon yang aksesnya jauh,”kata Edison, Minggu (10/2).

Ia menambahkan, dalam program jemput bola ini selain pelayanan KB serta memberikan pemahaman pentingnya kesehatan reproduksi, juga akan dilakukan penyuluhan kepada masyarakat yang masih berkaitan dengan program KB serta hal lainnya.

“Penyuluhan ini bertujuan agar  masyarakat yang ada diwilayah terpencil juga mendapat  pemahaman sehingga apa yang menjadi program pemerintah dapat tercapai” , ungkap Edison.

Ia berharap melalui program ini pelayanan di tingkat bawah dapat lebih terserap, disisi lain melalui program ini pelayanan di masyarakat akan lebih cepat.

sehingga muaranya apa yang menjadi program dapat tercapai, baik itu jumlah masyarakat yang ingin ikut serta program KB maupun jumlah masyarakat yang memahami arti penting dari program lainnya.

“Kalau dahulu, jumlah peserta hanya 100 misalnya bisa bertambah 200, dan kita harapkan program KB dan penyuluhan reproduksi sehat ini dapat lebih digaungkan lagi melalui program ini,”tandasnya. (iqb/ehl/wdi)

Komentar

Rekomendasi