oleh

Guru Dituntut Miliki Kompetensi Sosial

RADARLAMPUNG.CO.ID – Masih maraknya aksi pelecehan yang dilakukan siswa sehingga merendahkan martabat seorang Guru menjadi perhatian serius bagi dunia pendidikan. Persatuan Guru Republik Indonesia (PRGI) Lampung menilai hal tersebut terjaddi karena kurangnya kompetensi sosial yang dimiliki guru.

Ketua PGRI Lampung Wayan Satria Jaya mengatakan, kompetensi sosial harus dimiliki oleh tenaga Pendidik, sehingga guru mampu memahami karakter dan latar belakang para siswanya.

“Seorang guru harus mampu memetakan tiap siswanya, sehingga guru tahu dan mampu dalam menangani tiap siswa yang dia ajar,” kata Wayan kepada radarlampung.co.id di tempat kerjanya, Selasa (12/2).

Menurutnya, kenakalan siswa bisa di deteksi dari jauh hari. Karena itulah, peran sekolah, guru, komite dan orangtua menjadi penting dalam kasus-kasus seperti ini.

“Siswa itu bisa kita nilai.Jadi dalam hal ini sekolah termasuk lalai dalam memahami karakter siswanya masing-masing. Tentunya dengan itu sekolah atau guru bisa mengantisipasi,” imbuhnya.

Salah satu menjadi sorotannya, sambungnya, soal ketegasan kepada sekolah menjadi penting, ketika ada siswa yang tidak bisa didik dan di bina. “Siswa yang melakukan kekerasan terhadap guru dan merokok di lingkungan sekolah harusya siberi sanksi dikeluarkan dari sekolah,” tandasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi