oleh

Populasi Serangga di Dunia Terancam Punah

radarlampung.co.id-Lebih dari 40% spesies serangga menurun dan sepertiga terancam punah. Bahkan, tingkat kepunahan delapan kali lebih cepat daripada mamalia, burung, dan reptil. Total massa serangga turun 2,5% per tahun, menurut data terbaik yang tersedia, menunjukkan bahwa mereka bisa menghilang dalam satu abad.

“Serangga sejauh ini merupakan hewan yang paling beragam dan berlimpah, melebihi umat manusia sebanyak 17 kali. Mereka penting untuk berfungsinya semua ekosistem, sebagai makanan bagi makhluk lain, penyerbuk dan pendaur ulang nutrisi,” kata para peneliti

Baru-baru ini, populasi serangga dilaporkan tengah berkurang di beberapa negara, seperti di Jerman dan Puerto Riko. Tetapi, tinjauan tersebut sangat mengindikasikan bahwa krisis ini bersifat global. Para peneliti menetapkan kesimpulan mereka dalam istilah yang sangat kuat untuk makalah ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat.

“Kecuali kita mengubah cara kita menghasilkan makanan, serangga secara keseluruhan akan mengalami kepunahan dalam beberapa dekade. Dampak yang akan terjadi pada ekosistem planet ini adalah bencana kecil untuk sedikitnya,” tulisnya.

Komentar

Rekomendasi