oleh

Rekrutmen Dibuka, Mesuji Butuh 601 Pengawas TPS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mesuji mengelar rekrutmen pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh TPS yang ada di Mesuji.

Komisioner Bawaslu Mesuji Imron Tholib mengatakan, proses rekrutmen dilaksanakan sejak 4-11 Februari 2019 dengan mengumumkan kepada pendaftaran terlebih dahulu.

“Kemarin dan hari ini (12/2) sudah mulai memasukkan berkas, dari 11-21 Februari 2019,” ujarnya pada Radarlampung.co.id Selasa (12/2).

Proses rekrutmen berlangsung di masing-masing kecamatan. Di mana, menurutnya Mesuji sendiri membutuhkan sebanyak 601 pengawas sesuai jumlah TPS yang ada.

Sedangkan pengumpulan berkas akan ditutup 21 Februari 2019. “Jadi kita lihat dulu hingga 21 Februari sudah memenuhi kuota belum. Jika belum memenuhi kuota ada perpanjangan masa pendaftaran hingga 27 Februari,” jelas Imron.

Sedangkan tugas dari pengawas TPS sebelum pemungutan suara adalah memastikan Alat Peraga Kampanye (APK) sudah tidak terpasang, mengantisipasi money politics, dan patroli pengawasan. Juga memastikan anggota KPPS bukan dari pengurus parpol atau simpatisan parpol.

Jika itu terjadi pengawas berhak mengganti waktu pemungutan suara berlangsung. “Dalam hal ini, pengawas memastikan yang memilih ialah orang-orang yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT),” lanjutnya.

Pasca pemungutan suara pengawas mengawal hasil pemungutan hingga menjadi rekapan sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Selain itu, pengawas juga akan kami minta untuk segera melaporkan kepada hasil penghitungan cepat,” paparnya.

Rekrutmen pengawas akan melalui tes wawancara dan penelitian berkas saja.

Sebelum menentukan pengawas TPS, Bawaslu juga menerima masukan dari masyarakat sekitar mengenai calon sebelum menentukan pengawas TPS. Bawaslu juga menerima masukan dari masyarakat sekitar mengenai calon-calon pengawas di daerah tersebut.

“Kami menerima masukan masyarakat terkait siapa saja yang sudah mendaftar menjadi pengawas TPS, istilahnya uji publik terkait calon-calon pengawas TPS,” jelasnya seraya mengatakan pengumuman pengawas TPS terpilih pada 8-12 Maret 2019, dan akan dilantik 25 maret 2019. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi