oleh

2.311.000 Surat Suara untuk Tanggamus Tiba Malam Ini

radarlampung.co.id – Surat suara pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) untuk Tanggamus dikirimkan dari Bekasi hari ini (Rabu (13/2). Logistik pemilu tersebut diangkut menggunakan tiga unit mobil.

Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra mengatakan, staf KPU sudah berkoordinasi dengan pengemudi yang membawa surat suara tersebut. ”Sekitar pukul 09.00 WIB tadi posisi sudah di Pelabuhan Merak, Banten. Diperkirakan sampai di Tanggamus habis Magrib,” kata Otto, Rabu (13/2).

Surat suara nantinya ditempatkan di gudang KPU di Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting. “Nanti saat penerimaan surat suara disaksikan Bawaslu dan aparat keamanan. Setelah itu gudang penyimpanan surat suara akan dijaga ketat oleh polisi,” tegasnya.

Dilanjutkan, surat suara terdiri dari lima model. Yakni untuk pilpres, pemilihan DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD. Setiap satu model jumlahnya 462.200 lembar, sehingga jika dikalikan lima model, jumlah surat suara mencapai 2.311.000.

“Untuk mengantisipasi surat suara rusak, maka dilebihkan dua persen per model. Nanti begitu sampai, mungkin dihitung per boks dulu disaksikan Bawaslu. Besok baru dihitung lagi dengan detil,” sebut dia. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi