oleh

Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Apa Sama Dengan Leukemia ?

radarlampung.co.id- Mantan ibu negara Ani Yudhoyono menderita kanker darah. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Untuk itu, saat ini Ani Yudhoyono sedang dirawat intensif di Singapura.

Lantas, apakah kanker darah itu ? dilansir dari Jawapos.com, kanker penyebab kematian terbesar kedua di dunia dan ketujuh di Indonesia. Salah satu tipe kanker yang paling ganas yaitu leukemia. Berdasarkan laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) mencatatkan peningkatan jumlah kasus baru dan kematian akibat leukemia secara menahun antara 2010-2013.

Leukemia memang kanker darah. Namun, kanker darah tidak selamanya leukemia.

Parkway Cancer Centre (PCC) merupakan salah satu pusat perawatan kanker swasta terkemuka terletak di Singapura. Menurut PCC, di Indonesia, kata ’leukemia’ sering digunakan untuk menyebut ’kanker darah’. Padahal, faktanya kanker darah adalah sebuah terminologi dengan cakupan yang lebih luas.

“Leukemia hanya salah satu tipe kanker darah, dan bukan satu-satunya kanker darah itu sendiri,” kata Konsultan Senior Hematologi PCC dr. Lim ZiYi baru-baru ini.

Dokter Lim menambahkan, kesalahpahaman ini muncul karena leukemia adalah tipe yang paling banyak didengar publik. Selain leukemia, ada dua tipe kanker darah lainnya. Yakni limfoma (kanker kelenjar getah bening) dan myeloma. 

Komentar

Rekomendasi