oleh

Bawaslu Lampung Catat 53 Titik Pengrusakan APK

radarlampung.co.id – Bawaslu Lampung mencatat ada 53 titik lokasi Alat Peraga Kampanye (APK) di Lampung menjadi sasaran pengerusakan.

Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar mengatakan, ke-53 titik itu paling banyak ditemukan di Kabupaten Waykanan. Di mana temuan Bawaslu pengerusakan berada 28 titik yang tersebar di kabupaten tersebut.

Kemudian di Mesuji sebanyak 10 titik pengerusakan APK, Lampung Barat 9 titik dan Pesawaran 6 titik. “Iya itu titik-titik temuan Bawaslu kabupaten yang ditemukan soal pengerusakan APK,” kata Iskardo melalui sambungan ponselnya, Kamis (14/2).

Sayangnya, pengerusakan APK ini tidak satupun yang masuk ke ranah pidana pemilu. Padahal larangan perusakan APK diatur dalam Pasal 280 ayat (1) huruf g UU Pemilu. 

Di mana peserta pemilu adalah pasangan capres-cawapres, para caleg yang diusung parpol dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sementara untuk sanksi atas tindakan perusakan APK peserta ialah pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi