oleh

Hujan Dua Jam, Ratusan Rumah di Telukpandan Terendam

radarlampung.co.id – Hujan deras menyebabkan air sungai di hilir meluap dan membanjiri ratusan rumah di Desa Hurun dan Hanura, Kecamatan Telukpandan, Kamis malam (14/2). Ketinggian air mencapai 30-70 cm.

Camat Telukpandan Zulkifki Nuh menyampaikan, sebelum banjir, hujan turun selama sekitar dua jam di kawasan tersebut.  ”Dari hasil pantauan langsung di lapangan, ada sekitar 500 rumah terendam. Lokasinya di Dusun B dan C Desa Hanura dan  Hurun,” kata Zulkifli, Kamis malam (14/2).

Sementara, Ijal, salah seorang warga menuturkan, banjir yang menyebabkan ratusan rumah terendam disebabkan hilangnya aliran sungai di hilir yang diduga dampak dari perluasan areal tambak udang.

“Kami berharap pemerintah daerah bisa segera mengambil langkah-langkah untuk menanggulangi banjir. Terutama untuk menghidupkan kembali airan-aliran sungai di hilir,” sebut Ijal.

Pada bagian lain, anggota DPRD Pesawaran Johny Corne menyampaikan, banjir yang terjadi di wilayah tersebut diduga akibat penyempitan aliran sungai di hilir. ”Butuh keberanian kita semua untuk untuk membenahinya,” kata Johny ditemui di lokasi banjir.

Menurut dia, keberadaan tambak-tambak juga diduga menyebabkan menyempitnya aliran sungai. Untuk itu, perlu dikaji ulang mengenai perizinan beberapa tambak di wilayah tersebut.

“Kita akan menggelar rapat koordinasi dengan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mencari solusi mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi di wilayah ini,” tegasnya. (esn/ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi