oleh

Tiba, Surat Suara untuk Tanggamus Langsung Masuk Gudang

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus menerima surat suara untuk Pilpres dan Pileg 2019. Surat suara yang dikirim dari Bekasi, Jawa Barat yang diangkut menggunakan tiga truk besar tiba di gudang KPU, Pekon Gisting Atas sekitar pukul 20.30 WIB, Rabu (13/2).

Pengiriman surat dikawal oleh anggota KPU, dan personel polisi. Saat diturunkan juga diawasi langsung oleh Bawaslu Tanggamus dan dijaga anggota Polres Tanggamus. Untuk membuka pintu kontainer truk, harus menggunakan gerinda karena pintu disegel.

Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra mengatakan, jumlah surat suara belum diketahui pasti. Karena itu, sambil diturunkan jumlahnya dihitung. Sekaligus pengecekan kondisi keutuhan kardus sebagai tempat surat suara.

“Jika ditotal, kebutuhan untuk Tanggamus mencapai 2.311.000 lembar surat suara. Tapi yang tiba ini belum diketahui. Jika kurang, nanti kami lapor ke KPU RI,” ujar Otto.

Dijelaskan, surat suara terdiri dari lima model. Yakni untuk pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD. Setiap satu model jumlahnya 462. 200 sehingga jika dikalikan lima model jumlah surat suara 2.311.000 lembar.

“Untuk mengantisipasi surat suara rusak, maka dilebihkan dua persen per tiap modelnya,” sebut Otto. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi