oleh

Lima Hari Lagi Bakal Ada Kesibukan Baru di KPU Mesuji

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum Mesuji segera melipat surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

“Kami jadwalkan proses pelipatan surat suara dilaksanakan pada 20 Februari sampai 15 Maret,” kata Ketua KPU Mesuji Ali Yasir kepada Radarlampung.co.id, Jumat (15/2) petang.

Ia menerangkan proses pelipatan surat akan melibatkan sebanyak 124 orang yang diambil dari warga Mesuji. Mereka pun sudah dikenal oleh petugas untuk memudahkan pengawasan saat melaksanakan tugas penting tersebut.

“Sebanyak 788.742 lembar surat suara Pemilu 2019 yang kami terima akan dilipat di Aula Sekretariat Pemda Mesuji Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya,” terangnya.

Ia mengatakan, sebanyak 124 tenaga lipat akan diberi pelatihan proses melipat. Sekaligus pemahaman tugas dan larangan selama melaksanakan proses pelipatan.

“Sebelum dilipat, kami akan melakukan sortir terlebih dahulu surat suara yang akan dilipat untuk menghindari adanya surat suara rusak atau tidak layak,” ucapnya. Menurut dia, pada proses pelipatan pihaknya akan memperketat keamanan di lokasi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Selain menambah petugas keamanan dari Sekretariat KPU Mesuji, kami juga bekerja sama dengan Polres Mesuji dan melibatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mesuji untuk ikut memantau proses tersebut,” lanjutnya.

Setelah proses pelipatan surat suara selesai, pihaknya akan melakukan penghitungan ulang sesuai kebutuhan setiap TPS. Dilanjutkan memasukkan ke dalam kotak suara bersama kebutuhan logistik lain yang akan didistribusikan ke seluruh TPS.

“Distribusi surat suara, kotak suara, bilik coblos, dan alat kelengkapan TPS ke seluruh 601 TPS yang tersebar di 105 desa di Mesuji akan kami laksanakan pada 12 sampai 15 April 2019 atau dua hari sebelum pencoblosan,” kata dia.

Ia berharap proses berjalan sesuai tahap penjadwalan sehingga pemilukada berjalan sesuai target. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi