oleh

Mencekam, Gajah Dekati Pemukiman di Suoh

radarlampung.co.id – Warga dari tiga pekon, yakni Roworejo, Bandingagung dan Sidorejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat waspada. Ini terkait turunnya belasan ekor gajah ke arah pemukiman.

Tidak hanya itu. Personel Satpol juga diturunkan untuk memantau keberadaan 12 ekor gajah, Kamis (14/2). Kawanan hewan berbelalai ini mendekat ke Pekon Roworejo sejak beberapa waktu lalu.

Kedatangan tim yang terdiri dari Kasi Ketertiban Umum Misranto bersama Kasi Trantib Kecamatan Suoh Lekat Apriadi dan anggotanya langsung disambut pemandangan kawanan gajah. Sementara warga sudah menunggu untuk menghalau gajah.

Kasatpol PP Lambar Muhammad Henry Faisal menerangkan, tim langsung menuju lokasi kawanan gajah yang berkumpul di belakang rumah penduduk di sekitar perbatasan Pekon Bandingagung.

“Tim memantau 12 ekor gajah yang melintas menyeberang jalan dari atas perbukitan belakang rumah penduduk menuju persawahan Pemangku Sinarmada, Pekon Roworejo,” kata Henry.

Berdasarkan laporan yang diterima, kata dia, penduduk dari tiga pekon turun ke lokasi untuk menghalau kawanan gajah dan berjaga agar hewan-hewan tersebut tidak sampai masuk perkampungan. Masyarakat membuat api unggun pada beberapa titik dan suara ledakan dari bahan karbit.

“Hingga Kamis malam, tim bersama masyarakat ikut berjaga dan terus memantau keadaan di sekitar perbatasan Pekon Roworejo dan Bandingagung. Tanaman warga sudah banyak yang rusak,” ujarnya.

Henry menuturkan, dari 12 ekor gajah, empat di antaranya sempat berada di sawah memakan padi milik warga. Sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis, terpantau kawanan gajah mulai berkumpul kembali.

“Suasana mencekam karena kekhawatiran warga bila kawanan gajah masuk pemukiman warga. Karena itu warga terus membuat api unggun dan ledakan untuk menghalau gajah-gajah itu,” ucapnya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi