oleh

Sekprov Tak Kunjung Definitif, Pengamat : Ini Jarang Terjadi

radarlampung.co.id-Hingga kini, pemerintah pusat belum juga menetapkan Sekprov Definitif. Belum diketahui persoalannya dimana. Sebab, hasil rekrutmen panitia seleksi yang menyisakan tiga nama sudah selesai di Oktober 2018.

Kondisi ini menuai sorotan Akademisi Universitas Lampung, Dr. Dedy Hermawan. Menurutnya, fenomena seperti ini jarang terjadi di lingkup pemerintahan. Dimana, tiga nama yakni Asisten Bidang Administrasi Umum, Hamartoni Ahadis (Pj. Sekprov), Kepala BKD Lampung, Dewi Budi Utami dan Inspektur Lampung Syaiful Dermawan sudah disetorkan ke pusat untuk diproses lebih lanjut.

Dedy menduga, lamanya proses penetapan Sekprov definitif ini disebabkan oleh masa transisi dari Gubernur Lama dan Gubernur terpilih.

Baca :   Implementasi KPB, Pemprov Gandeng Pusri

“Proses dilakukan oleh Gubernur saat ini. Sementara usernya lebih kepada Gubernur terpilih, ” ujarnya kepada radarlampung, Jumat (15/2).

Dedy melanjutkan, seharusnya porsi pemerintah pusat bisa menjembatani antara gubernur saat ini dan gubernur terpilih. Untuk sama-sama menuntaskan masalah agar segera ada penetapan secara sah.

“Sebab, semua aturan dan prosedur sudah di lalui. Sekarang kuncinya menempatkan kepentingan publik dan daerah sebagai landasan utama, sekda dibutuhkan demi optimalnya organ birokrasi bekerja, ” tandasnya.

Baca :   Petrokimia Gresik Panen Demplot Padi Komersial di Trimurjo

Dia juga mendorong kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung, agar bisa melakukan konsultasi kepada pihak terkait seperti Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ternasuk Ombudsman untuk menelaah hambatan dan mencari jalan keluar.”Nah, harus juga proaktif ke Kemendagri. Masalahnya dimana, ” imbuhnya. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi