oleh

Herman H.N.: Langkah Pemkot, yang Jebol dan Rusak Segera Diperbaiki

RADARLAMPUNG.CO.ID – Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. bersama jajarannya melakukan peninjauan ke lokasi-lokasi banjir akibat hujan deras Sabtu (16/2) malam. Di mana banjir diketahui turut merobohkan talut yang berada di Perumahan Gelora, Rajabasa.

Lokasi yang sempat ditinjau yakni Jl. Ikan Kembung, Pesawahan; Jl. R.E. Martadinata, Pesawahan; Jl. Martadinata (Jembatan Beton), Gedong Pakuon; Perumahan Gelora, Rajabasa; dan Jl. Nunyai Rajabasa.

Wali kota pun turut membagikan sekitar 7 ribu nasi bungkus dan 2 ribu dus air mineral kepada masyarakat terdampak banjir. Serta menurunkan mobil damkar untuk membersihkan rumah warga yang terkena lumpur.

“Langkah dari Pemerintah Kota (Pemkot) mana yang jebol, mana yang rusak kita perbaiki. Semalam airnya memang di luar dari biasanya, sama dengan tahun 2016 tinggi airnya, kedepan kita meninggikan beronjong atau talut di tepi sungai,” ujar Herman H.N.

Dikatakan, pihaknya telah mengajukan normalisasi Way Balau ke Balai yang ada di pusat untuk dilakukan pengerukan. “Way Balau kita ajukan untuk dikeduk lagi, kalau di Gelora ini gak bisa dikeruk nanti longsor,” terangnya.

Untuk talut atau pembatas air di perumahan Gelora yang roboh terkena terjangan air, Herman pun mengatakan pihaknya segera memperbaikinya. “Kita usahakan buat talud 2020, namun yang rusak mungkin makan dana di bawah Rp100 juta akan kita perbaiki segera,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung Iwan Gunawan menuturkan, pihaknya segera melakukan pembangunan talut yang roboh. “Sekitar Rp20 juta dana yang diperlukan untuk membangun talut yang roboh,” ujarnya saat meninjau Perumahan Gelora.

Ia pun menuturkan pihaknya telah bekerja melakukan pengerukan sungai di daerah Telukbetung. “Sekarang di teluk sedang bekerja ada dua damtruk dan 50 orang yang kita turunkan untuk penanganan banjir juga pengerukan suangai,” ujarnya. (pip/sur) 



Komentar

Rekomendasi