oleh

Ditemukan Lemas dan Hamil Tua, RSUDDSR Rawat Orang Dengan Gangguan Jiwa

P6radarlampung.co.id-Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya (RSUD DSR) Lampung Tengah merawat orang dengan gangguan jiwa yang ditemukan dalam kondisi lemas di Pospol Bumiratunuban sejak Sabtu (16/2). Mirisnya, wanita muda berusia sekitar 35 tahun itu rupanya dalam kondisi hamil tua.

Kabid Pelayanan Medis RSUD DSR Damayanti menyatakan wanita muda ini dijemput dari Pospol Bumiratunuban. “Kita dihubungi pihak Pospol Bumiratunuban bahwa ditemukan wanita dengan gangguan jiwa hamil tua. Kita langsung jemput pakai ambulans,” katanya saat dihubungi via telepon, senin (18/2).

Ketika dicek, kata Damayanti, kehamilannya sudah tua. “Sudah hamil tua. Hamil delapan bulan dan mau melahirkan. Kita akan rawat hingga melahirkan. Ini demi kemanusiaan. Meskipun gangguan jiwa tetap manusia,” ujarnya.

Kondisinya sekarang ini, kata Damayanti, stabil dan sudah membaik. “Kandungannya sehat. Kondisinya stabil. Diinfus pun menurut. Makannya juga terlihat banyak. Tadi juga sudah dimandikan oleh perawat supaya bersih,” ucapnya.

Pihak RSUD DSR, kata Damayanti, juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial. “Kita sudah koordinasi dengan Dissos. Pasien jika sudah baikan akan dibawa ke Yayasan Srikandi di Kecamatan Bandarsurabaya,” ungkapnya.

Ditanya apakah identitasnya diketahui, Damayanti menyatakan tidak diketahui. “Nggak tahu namanya. Asalnya juga nggak tahu. Ditanya juga meracau. Namanya orang gangguan jiwa,” tegasnya.

Sedangkan Kapolsek Gunungsugih Iptu Yuswantoro menyatakan sejauh ini belum tahu indentitas wanita dengan gangguan jiwa yang ditemukan hamil delapan bulan. “Belum tahu identitasnya. Pihak keluarga juga belum ada yang menghubungi pihak Subpolsek Bumiratunuban atau Polsek Gunungsugih,” katanya.

Ketika ditemukan, kata Yuswontoro, Kasubpolsek juga telah menghungi dirinya. “Pas ditemukan, saya dihubungi Kasubpolsek Bumiratunuban. Saya bilang bawa ke RSUD DSR saja, nanti Dissos yang mengurusi. Ini demi rasa kemanusiaan,” ungkapnya. (sya/wdi)

Komentar

Rekomendasi