oleh

Antisipasi Banjir Susulan, TRC Kembali Dikerahkan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tingginya curah hujan beberapa pekan terakhir memicu banjir di sejumlah lokasi di Mesuji. Seperti yang terjadi di Dusun Tebing Laut dan Dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur beberpaa hari lalu.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa dan ancaman lainnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji menyiagakan dua tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC).

“Kami menyiagakan 20 anggota. Mereka terbagi dalam dua tim reaksi cepat. Langkah ini kita lakukan untuk menyikapi tingginya intensitas hujan dan angin kencang akhir-akhir ini,” kata Kepala BPBD Mesuji Syahril. Selasa (19/2).

Tim itu ditempatkan di kawasan rawan banjir dan selalu berpatroli. Seperti di Kecamatan Mesuji Timur dan Kecamatan Rawajitu Utara dan Way Serdang. Para petugas dalam tim reaksi cepat didukung peralatan yang akan memudahkan kerja mereka.

“Yang kita siapkan perahu karet, tenda pengungsian, peralatan medis, dan lainnya. Tim yang dilibatkan ini akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan organisasi kemanusiaan lain. Kerja sama ini diharapkan dapat menghadapi kondisi hujan yang semakin tinggi intensitasnya dan mengantisipasi banjir yang datang secara tiba-tiba,” jelasnya. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi