oleh

Sama-Sama Pincang

radarlampung.co.id- Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield bakal menyajikan laga panas abad ini. Laga ini bakal disiarkan live di RCTI pada pukul 03.00 dinihari, rabu (20/2).

Bicara performa The Reds di kompetisi Eropa, mereka sangat tangguh jika melakoni laga kandang. Dari 19 laga berturut-turut di Stadion Anfield, pasukan Merah tak pernah satu kali pun menderita kekalahan. Memenangkan 14 laga dan hanya kalah dari Real Madrid pada Oktober 2014. Hasil berbeda terjadi di empat laga tandang. Semua berakhir dengan kekalahan.

Catatan lainnya, dalam delapan pertandingan terakhir terhitung sejak laga semifinal musim 2017/2018, The Reds menderita lima kali kekalahan. Tiga di antaranya berujung dengan kemenangan.

Di sisi yang berbeda, Bayern punya catatan luar biasa dalam delapan laga away terakhir. Anak asuh Niko Kovac itu tak terkalahkan.

Berikutnya bicara head to head, kedua tim sudah bertemu enam kali. Kali terakhir berjumpa pada semifinal UEFA Super Cup musim 1980-1981di Monaco. Saat itu, Liverpool menang 3-2.

Nah dalam pertemuan kali ini, Bayern datang ke Anfield dalam kondisi pincang. Mereka tak bisa memainkan Jerome Boateng dan Thomas Muller. Boateng masih sakit. Sementara Muller terkena sanksi larangan bermain dari UEFA akibat mengantongi kartu merah dalam laga kontra Ajax Amsterdam di Amsterdam Arena saat fase grup. Di laga itu, dia melakukan pelanggaran berbahaya pada Nicolas Tagliafico.

Kabar baiknya, Franck Ribery yang baru mendampingi istrinya melahirkan siap terbang ke Liverpool. ’’Jerome Boateng kena flu perut. Tetapi, Franck Ribery akan terbang hari ini (kemarin, Red) setelah menjadi seorang ayah,” kata Kovac seperti dilansir oleh Sky Sports.

Penggawa Bayern lainnya,  Kingsley Coman, juga diragukan kebugarannya. Sebelumnya, gelandang berusia 22 tahun itu mengalami memar saat bertandang ke markas Augsburg dalam lanjutan Bundesliga. Kemudian Arjen Robben belum pulih dari cedera paha. Cedera itu dia alami sejak akhir November 2018. So, winger asal Belanda itu dipastikan absen.

Di kubu tuan rumah, barisan belakang kehilangan bek tangguh Virgil van Dijk. Bek asal Belanda ini absen menyusul akumulasi kartu kuning. Tanpa bek termahal dunia itu, opsi  di lini belakang cukup terbatas. Pelatih Jurgen Klopp  diperkirakan memplot Fabinho di posisi bek tengah. Fabinho akan berduet dengan Joel Matip di jantung pertahanan. (fin/c1/wan)

Komentar

Rekomendasi