oleh

Wayharu Meluap, Ratusan Ha Sawah Terendam

radarlampung.co.id – Meluapnya sungai Way Haru di Pekon Bandaragung, Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat menyebabkan banjir yang merendam ratusan hektare sawah, Selasa sore (19/2). Selain sawah, jalan lingkungan Bandaragung, tepatnya di RT 3 juga terendam.

Kepala Pemangku Bandaragung Karsono mengatakan, banjir terjadi setelah hujan turun di wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir. ”Kerugian belum bisa kita hitung. Sebab air belum surut. Tapi, padi yang terendam itu sudah mulai menguning,” kata Karsono.

Menurut dia, kawasan tersebut memang kerap banjir akibat luapan sungai Way Haru. ”Banjir bandang kali ini yang terbesar,” ucapnya.

Ia juga berharap organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera turun ke lapangan meninjau dan mengambil langkah penanganan.

”Kita sudah menyampaikan usulan pada saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat pekon dan kecamatan agar sungai Way Haru di-normalisasi. Tapi sampai sekarang belum. Harapannya, tahun ini bisa diprioritaskan,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Gison Sihite menyatakan sudah menerima laporan banjir tersebut. ”Besok kita akan turun lapangan untuk meninjau lokasi banjir. Nantinya akan dibuat laporan. Apakah akan dilakukan normalisasi atau seperti apa,” kata Gison. (lus/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi