oleh

Awal Maret, Urus E-KTP Bisa Langsung Jadi Keesokan Hari

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandarlampung menyerahkan sekitar 4.500 lembar E-KTP ke Badan Polisi Pamong Praja (Banpol PP) untuk diserahkan kepada masyarakat.

Kepala Disdukcapil Bandarlampung A Zainuddin menuturkan, E-KTP yang masuk kategori PRR (Print Ready Record), yang sebelumnya berjumlah sekitar 32 ribu, kini hanya menyisakan 12 ribu lembar yang belum dicetak. Ditargetkan selesai pada akhir Februari ini.

Zainuddin menuturkan, E-KTP yang berjumlah sekitar 4.500 yang diserahkan ke Banpol PP hari ini (20/2) merupakan milik masyarakat Kota Bandarlampung yang telah melakukan perekaman dan masuk kategori PRR.

“Saya prediksi dan yakin di akhir Februari selesai yang PRR. Artinya nanti kita akan melayani masyarakat yang melaksanakan perekaman langsung jadi keesokan harinya,” ungkapnya. Alhasil,  kemungkinan besar awal Maret layanan E-KTP sudah bisa langsung jadi dalam satu hari.

Untuk pencetakan E-KTP, menurut Zainuddin jika blangko tersedia tidak ada tabungan PRR, dapat selesai dalam waktu satu jam. “Sekarang sudah bisa selesai, kita punya alat M to M dari Dirjen Kependudukan, untuk mencetak E-KTP,” ucapnya.

Mudah-mudahan dengan blangko yang lancar berdasarkan Rakornas di Makasar, Sulawasi Selatan beberapa waktu lalu, Kementerian Dalam Negeri telah menyiapkan blangko E-KTP. “Mudah-mudahan semua masyarakat Bandarlampung dapat ikut Pemilu semua,” ucapnya.

Untuk mencetak sekitar 4500 lembar E-KTP tersebut pihaknya melakukan lembur sampai pukul 23.00 WIB dalam waktu tiga hari. “Jadi setelah selesai cetak, kami minta bantuan Pak Kabanpol PP untuk meminta anggotanya membagikan di kecamatan,” ucapnya.

Untuk menyelesaikan PRR yang tersisa 12 ribu tersebut pihaknya melakulan lembur dengan tiga shift, yaitu dari pukul 07.30-13.30 WIB, 13.30-19.30 WIB, dan 19.30-23.00 WIB. “Peralatan siap dan SDM juga siap,” ucapnya.

Sementara Kebanpol PP Kota Bandarlampung Paryanto menuturkan, untuk membagikan sekitar 4.500 E-KTP pihaknya menurunkan sekitar 150 anggotanya. Targetnya selesai dalam waktu satu minggu.

“Kita siapkan 150 peronil untuk membagikannya ke 20 kecamatan yang ada di Kota Bandarlampung, ditargetkan selesai seminggu dari sekarang, karena ini lumayan banyak,” ujarnya di kantor Banpol PP Bandarlampung. (pip/sur) 

Komentar

Rekomendasi