oleh

Musrenbang Harus Menjadi Media Interaktif Menyusun Program Pembangunan

RADARLAMPUNG.CO.ID– Plt. Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Edison Basyid membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Balai Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji, Rabu (20/2).

Pada kesempatan tersebut, dia menjelaskan kegiatan Musrenbang adalah bagian dari proses perencanaan pembangunan Mesuji. Agenda ini merupakan suatu proses penyaringan aspirasi masyarakat yang selanjutnya dijadikan bahan perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan.

“Sebelumnya telah dilakukan kegiatan Musrenbang tingkat desa. Dengan demikian diharapkan pembangunan di Mesuji benar-benar bercermin dari partisipasi masyarakat,” jelasnya saat membuka Musrenbang tingkat Kecamatan terakhir tersebut.

Selain untuk mendukung koordinasi antar pelaku pembangunan dan menjamin konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Dengan ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji makin berkomitmen memprioritaskan pembangunan berkeadilan hingga ke pelosok desa. Semua usulan kegiatan yang masuk dalam Musrenbang ini akan dibiayai pada APBD Mesuji dengan memperhatikan prioritas pembangunan daerah. Disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Oleh karena itu saya berharap Musrenbang ini mampu menjadi wadah mengedepankan program antar bidang dan arah kebijakan pemerintah, serta aspirasi dari bawah, yang semuanya bermuara kepada penyempurnaan perencanaan pembangunan. Dan, Musrenbang ini dapat dijadikan media interaktif dalam menyusun program pembangunan,” harapnya. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi