oleh

Produk UMKM Harus Terdepan di Marketplace

Radarlampung.co.id – Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai PKS Ahmad Junaidi Auly mengatakan, produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus memiliki daya saing yang lebih tinggi agar kontribusinya terhadap perkembangan e-commerce Indonesia menjadi lebih signifikan. 

Menurutnya, hal tersebut perlu didorong secara lebih cepat oleh seluruh stakeholder khususnya pemerintah agar produk yang dihasilkan oleh UMKM bisa mendominasi marketplace. 

“Marketplace di Indonesia masih didominasi oleh produk impor yang menurut beberapa laporan bahkan mencapai 90 persen. Ini cukup memprihatinkan, pemerintah harus memberikan stimulasi agar produk UMKM kita bisa mendapatkan porsi lebih banyak dan produk impor bisa dikurangi,” kata Junaidi dalam agenda reses di Lampung Timur, Rabu (20/2).

Junaidi melanjutkan bahwa semaraknya dunia e-commerce di Indonesia patut disyukuri sebagai penggerak ekonomi masyarakat, namun jika produk yang dijual mayoritas berasal dari impor, maka dana yang berputar akan lari ke luar negeri. Alhasil, pelaku UMKM dengan segala hambatan dan keterbatasannya akan sulit untuk berkembang. 

“Pemerintah perlu melakukan pembinaan serius secara lebih intensif dan berkelanjutan kepada pelaku UMKM dalam akses permodalan, bidang pemasaran online, proses produksi, kualitas produk, dan juga pengemasan yang lebih menarik,” tandasnya. (dna/kyd)

Komentar

Rekomendasi