oleh

KBPL Buka Sayembara, Sediakan Hadiah Rp48 Juta

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan literasi masyarakat Lampung, Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) menyelenggarakan Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2019. Ada tiga kategori usia yang diperlombakan. Kategori bahan bacaan literasi berbentuk buku untuk usia 6-9 tahun, usia 10-12 tahun, dan usia 13-15 tahun.

“Ini adalah program tahunan sebenarnya dan salah satu gerakan literasi di Lampung,” kata Evi Maha Kastri, panitia kegiatan kepada Radarlampung.co.id, Kamis (21/2).

Evi menegaskan, tidak ada batasan usia untuk para peserta lomba. Namun, Evi berharap banyak dari pemuda Lampung yang ikut berpartisipasi mengikuti lomba ini.

“Tahun sebelumnya kebanyakan sudah senior. Kami sih berharap tahun ini banyak anak muda yang ikut menyalurkan ide-ide kreatif dan segar dalam kepenulisan di sayembara ini,” kata Evi.

Tidak tanggung-tanggung, KBPL menyediakan hadiah total sebesar Rp48 juta bagi para pemenang dan akan menerbitkan empat buku terbaik dari setiap kategori bahan bacaan literasi. Menurut Evi, hadiah ini sepadan karena proses menentukan ide hingga bisa tertuang dalam sebuah bacaan bukanlah pekerjaan mudah.

“Sebagai apresiasi untuk mereka juga motivasi agar lebih semangat dalam mengembangkan minat di dunia literasi,” ujarnya.

Jika tertantang dengan sayembara ini, para peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan panitia. Ketentuan umum peserta harus penduduk Lampung. Selain itu isi buku yang dilombakan harus sesuai dengan tujuan pendidikan, ramah lingkungan, tidak mengandung isu SARA, bias gender, pornografi, dan tidak mengandung ujaran kebencian.

Isi buku memiliki kekuatan dan pesan tentang sikap budi pekerti dan penumbuhan kreativitas. “Untuk ketentuan khusus isi cerita dan penggunaan bahasa sesuai dengan usia pembaca setiap kategori,” terang Evi.

Pendaftaran lomba ini dibuka hingga 5 April 2019. Informasi lebih lanjut mengenai sayembara bahan bacaan literasi ini bisa dengan datang lngsung ke KBPL di Jl. Beringin II, No. 40, Kompleks Gubernuran Telukbetung, Bandarlampung atau menghubungi Evi 085279491107. (snd/sur) 

Komentar

Rekomendasi