oleh

PMI Tubaba Siagakan Personel

Radarlampung.co.id -Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menyiagakan personelnya. Langkah ini sebagai tanggap bencana alam menyusul banjir yang terjadi di beberapa titik dalam wilayah setempat akibat luapan air sungai dari curah hujan yang tinggi.

Kepala Markas PMI Tubaba, Sugeng Riyanto menjelaskan, tanggap bencana alam merupakan salah satu program utama kepalangmerahan. 

Ketika terjadi bencana, lanjutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membantu masyarakat, begitu juga terhadap warga yang terisolir ketika banjir melanda.

“Personil PMI siap membantu semampunya dan sesuai dengan kapasitas yang ada, dan tentunya kami tetap fokus dalam hal mengevakuasi jiwa. Sebab hal utama yang menjadi target kami adalah keselamatan jiwa masyarakat,” katanya kepada radarlampung.co.id, melalui sambungan telepon, Selasa (22/

Saat ini, sambungnya, monitoring terus dilakukan dengan melakukan koordinasi lintas sektoral. Tidak hanya itu, pihaknya juga memantau informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca saat ini. 

Yang jelas kami selalu  siap. Bahkan ketika ada laporan, kami akan berupaya langsung terjun ke lokasi untuk melakukan aksi,” ujarnya.

Meski saat ini belum ada laporan yang masuk ke PMI, pihaknya tetap berharap agar masyarakat khususnya yang berada di daerah bantaran sungai untuk lebih waspada dan berhati-hati karena curah hujan semakin tinggi.

“Namanya bencana alam tidak bisa kita tebak-tebak kapan dia datang. Yang bisa kita lakukan hanya langkah antisipasi, waspada dan tetap berhati-hati, apalagi air sungai sekarang sudah mulai meluap,” tandasnya. (fei/rnn/kyd)

Komentar

Rekomendasi