oleh

Korban Tsunami Selat Sunda, Ridho: Sekarang Fasenya Kembali Hidup Normal

Radarlampung.co.id – Pemprov Lampung bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung menyuguhkan Pagelaran Musik Kemanusiaan Peduli Korban tsunami Selat Sunda. Konser amal ini berlangsung di Elephant Park, Bandarlampung, Sabtu (23/2) malam.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo bersama Forkopimda Lampung, Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni dan lainnya serta dimeriahkan oleh Andika Mahesa, Kiki The Potters dan beberapa artis serta  pengisi acara lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur mengharapkan kebersamaanya untuk memberikan dukungan bagi semua korban yang terdampak bencana tsunami selat sunda beberapa waktu lalu. “Maka hari ini saya mengharapkan kita semua memberikan dukungan kepada saudara kita,” kata Ridho.

Saat ini, sambung Ridho, bukanlah fase pemberian mie instan, air mineral, selimut dan lainnya lagi. Namun, sekarang fasenya memgembalikan korban bencana untuk kembali hidup normal seperti dulu dan menjadi masyarakat pada umumnya.

“Jadi sekarang ini fase bagaimana caranya kita membantu saudara kita yang terdampak agar dapat kembali hidup normal, meski tidak terlalu sempurna setelah pemerintah menyiapkan hunian. Juga yang tidak kalah penting, yaitu masalah mata pencarian atau pekerjaan,” tandas Ridho.

Menurutnya, problem setelah masa tanggap darurat berakhir adalah mata pencarian para korban yang terdampak, dimana kurang lebih 700 perahu dan kapal dibawah 3GT milik masyarakat hancur membuat korban yang mayoritas nelayan tidak dapat lagi bekerja.

“Itu telah saya sampaikan kepada Pak Presiden. Saat itu pak presiden saya pandu ke korban yang dirawat di RSUD Bob Bazar. Dimana setelah mereka kondisi tanggap darurat selesai makanan dan relawan sudah habis, rumah disiapkan, tapi bagaimana pencarian mereka,” ungkap Ridho.

Maka dari itu, Pemerintah Provinsi Lampung dengan ACT  harus bisa membantu korban bencana, meski tidak terlalu sempurna.”Itu semua menjadi tanggung jawab kita, seperti anak yatim harus kita tangani dan dibiayai sekolahnya agar mereka tetap terus menjalani hidup,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung atas dukungan terhadap ACT dan bisa hadir di acara malam ini. “Kami mengucapkan terimakasih ke Gubernur Lampung, acara ini merupakan lanjutan penggalangan dana dari sebelumnya,” jelasnya.

Ia pun menuturkam bahwa masyarakat yang terkena dampak bencana Tsunami selat sunda masih samgat membutuhkan bantuan. “Alhamdulilah dari beberapa perusahaan swasta juga  akan membangun fasilitas umum dan sekolah,” tandasnya. (pip/kyd)

Komentar

Rekomendasi