oleh

Surat Suara Jangan Dimasukkan ke Karung!

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat memastikan pelipatan dan packing surat suara untuk Pilpres dan Pileg 2019 dilakukan maksimal untuk mengantisipasi berbagai potensi kerusakan.

Ketua KPU Pesisir Barat Yurlisman mengatakan, pihaknya juga sudah menghitung dan diulang oleh tim evaluasi yang sudah dibentuk. Posisi surat suara disusun rapi dan disiasati,  tidak asal tumpuk. Ini mengantisipasi kerusakan.

”Kita sudah memperhitungkan agar surat suara terjaga dan terhindar dari berbagai potensi yang dapat merusak material logistik pemilu tersebut,” kata Yurlisman, Sabtu (23/2).

Dilanjutkan, pelipatan dan packing surat suara ini dimulai sejak Senin (18/2). Targetnya, selesai Senin (25/2) mendatang. ”Pada 11 Maret, dijadwalkan seluruh logistik pemilu kami geser dan disimpan di GSG. Jadi tidak lama di sini,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mendatangi kantor KPU Pesisir Barat melihat proses pelipatan dan packing surat suara. Langkah ini untuk memastikan kelancaran dan kendala dalam proses pelipatan surat suara.

Anggota Bawaslu menemukan relawan yang tidak memeriksa seluruhnya surat suara yang akan dilipat. Relawan tersebut kemudian diarahkan agar memperhatikan, serta memastikan jika ada surat suara yang bernoda, memiliki gambar yang menimpa, dan sobek.

Fatikhatul juga menyayangkan surat suara yang telah dilipat kemudian dimasukan ke karung. ”Masak, dikarungkan. Ini kan, berpotensi mengkerut, kusut. Bisa rusak ini surat suara” kata Fatikhatul. (try/ais)

       

 

Komentar

Rekomendasi