oleh

Lapor, Tanggul Waykamal Nyaris Jebol

radarlampung.co.id – Kondisi tanggul sungai Waykamal di Pekon Negeriratu, Kecamatan Kotaagung, kian memprihatinkan. Karena sebagian besar tanggul sungai tersebut sudah terkikis. Bahkan nyaris jebol.

Pihak pekon mengaku telah berulang kali melaporkan kondisi tanggul tersebut ke Pemkab Tanggamus. “Sudah kita laporkan, bahkan sudah ditinjau juga. Tapi sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya, jadi kita juga nggak tau kapan tanggul ini akan diperbaiki, ” kata Kepala Pekon Negeriratu Marzuki, minggu (24/2).

Ia menambahkan, sedikitnya 300 meter panjang tanggul yang kondisinya sudah mengkhawatirkan lantaran nyaris jebol. Tanggul tersebut berada di wilayah RT 03 pekon setempat.

“Bahkan sekarang ada beberapa dapur rumah milik warga dipekon setempat yang terancam hanyut, karena posisi tanggul memang sudah sejajar dengan rumah warga,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat Khusni mengaku, khawatir dengan kondisi tanggul yang sudah demikian. Pasalnya, sewaktu-waktu tanggul tersebut bisa jebol jika diterjang banjir.

“Sekarang sudah tipis bener mas, jadi kami yang tinggal di sini juga cemas, karena takut kalau tanggul ini jebol, ” ungkapnya lirih.

Ia menuturkan, belum adanya bronjong serta kondisi sungai yang sudah dangkal menjadi faktor utama penyebab terkikisnya tanggul sungai Way Kamal.

Camat Kotaagung, Syarif Zulkarnain ketika dikonfirmasi radarlampung.co.id Minggu (24/2) mengatakan , usulan perbaikan tanggul telah disampaikan kepada dinas PUPR. “Dan mudah-mudahan perbaikan dapat dilakukan pada tahun ini,” harapnya.(uji/ehl)

Komentar

Rekomendasi