oleh

Sudah 4 Kecamatan di Tuba Terdampak Banjir

radarlampung.co.id – Banjir akibat meluapnya Way Tulangbawang meluas. Banjir yang tadinya hanya di Kecamatan Menggala, kini meluas ke Kecamatan Menggala Timur, Gedungaji, dan Gedungmeneng.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulangbawang Noermal mengatakan, Way Tulangbawang telah mengakibatkan banjir sejak tanggal 20 Februari.

“Sampai saat ini sudah empat kecamatan yang terdampak banjir luapan Way Tulangbawang, yakni Menggala, Menggala Timur, Gedungaji dan Gedungmeneng,” katanya kepada radarlampung.co.id, Minggu (24/2).

Dilanjutkannya, meluasnya wilayah yang terkena dampak banjir luapan Way Tulangbawang diakibatkan tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir di Kabupaten setempat.

“Debit air naik beberapa hari terakhir, selain intensitas hujan yang tinggi faktor air kiriman dari hulu (Way Rarem) juga cukup berpengaruh,” ungkapnya.

Noermal menambahkan, saat ini pihaknya masih fokus melaksanakan pelayanan di tenda tenda pengungsian di Kecamatan Menggala yakni di Pasar Lama komplek lingkungan Bugis dan Palembang serta jembatan cakat.

“Jumlah pengungsi saat ini sudah mencapai 325 jiwa di dua tempat pengungsian tersebut,” ujarnya.

Akibat banjir luapan Way Tulangbawang, PLN Unit Layanan Pelanggan Menggala memadamkan sementara aliran listrik beberapa rumah di lingkungan Bugis, Menggala. Pemadaman dilakukan adalah untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan terhadap warga yang terdampar banjir.

Sementara itu, Kapolsek Gedungaji Iptu Suhardi mengatakan, banjir di Kecamatan setempat telah memasuki beberapa rumah warga yang tinggal tepat di bantaran Way Tulangbawang.

“Ketinggian air sekitar 40 sentimeter disini. Beberapa masyarakat juga mulai mengeluh mual dan gatal gatal,” katanya. (nal/wdi)

Komentar

Rekomendasi