oleh

Jelang Pilpres 2019, Cyrus Network Umumkan Hasil Survei

radarlampung.co.id – Jelang Pilpres 2019, Cyrus Network mengumumkan hasil survei untuk wilayah Lampung. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. 

CEO Cyrus Network Hasan Nasbi mengatakan, para responden di Lampung ketika ditanya secara spontan, memilih Jokowi sebanyak 60,3 persen sedangkan Prabowo 29,8 persen. 

Kemudian ketika para responden mendapatkan simulasi suara, Jokowi tetap unggul 61,5 persen dan Prabowo 30,7 persen. 

”Suara Jokowi dua kali dari suara Prabowo di Lampung sementara ini. Maka Lampung bukan hanya lumbung beras, penghasil kopi, ubi, lada, tapi juga lumbung suara untuk Jokowi di Sumatera,” kata Hasan di Batiqa Hotel Lampung, Senin (25/2). 

Menurut Hasan, elektabilitas ini bisa turun dan naik. Dari hasil survei, alasan teratas bagi para responden dalam menentukan pilihan adalah calon yang berpengalaman dan kinerjanya baik (19,5 persen). 

Kemudian secara berturut-turut yakni, sederhana dan merakyat (15,5 persen); tegas, berani, dan berwibawa (12,5 persen); dan berharap Indonesia lebih baik (6,5 persen).

Hasan menjelaskan, survei pilpres ini berlangsung dalam rentang waktu 30 Januari-5 Februari 2019 dengan 2.000 responden yang tersebar di 15 kabupaten/kota. Margin of error plus minus survei ini adalah 2 persen.

”Survei ini kami meng-interview di 200 desa/kelurahan lewat cara tatap muka. Bukan telepon, internet, polling Twitter atau Facebook. Kami datangi ke rumah secara tatap muka,” pungkasnya. (dna/kyd)

Komentar

Rekomendasi