oleh

Lawan Hoax, Menuju Pemilu 2019 Aman, Damai, dan Sejuk

RADARLAMPUNG.CO.ID -Wakapolda Lampung Brigjen Teddy Minahasa mengajak seluruh elemen masyrakat untuk bersama-sama mendukung pemilu 2019 menuju pemilu yang aman, damai, dan sejuk.

“Tanpa partisipasi masyarakat tidak mungkin seluruh aparat keamanan mampu mengamankan seluruh rangkaian kegiatan pemilu 2019 tersebut,” kata Teddy dalam dialog publik bertajuk lawan hoax di halaman taman olah seni, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Senin (25/2).

Pada kesempatan itu, Wakapolda juga mengimbau kepada masyarakat Provinsi Lampung bahwa pesta demokrasi pemilu 2019 adalah tanggungjawab bersama untuk memilih calon pemimpin Nasional yang akan menentukan arah dan kebijakan bangsa Indonesia lima tahun ke depan.

“Mari kita bersama-sama bertanggung jawab atas terselenggaranya pemilu 2019 ini untuk menuju pemilu yang aman damai dan sejuk,” imbuh Wakapolda Lampung.

Pada kesempatan yang sama, praktisi media Juniardi menerangkan bahwa berita hoax sebenarnya sudah ada zaman sebelum internet. Dulu susah diverifikasi, namun saat ini mudah. Karena sudah ada pembanding berita satu dengan lainnya. 

“Hoax juga berisi perbedaan antara Isi dan judul berita. Hoax juga Ada yang benar, tetapi sudah usang. Kemudian untuk mengatasi hoax dengan membaca literasi, karena berita hoax sengaja menyerang orang, huru hara, dan mengelabui,” terang Juniardi.

Komisioner KPU Lampung Tio Aliansyah menyatakan, perjalanan pemilu sangat panjang. Bahkan informasi yang keliru juga sangat banyak. Karena itu, masyaraat juga haris bisa memilah, mengendalikan emosi tidak percaya berita hoax yang di share ke media sosial.

“Minim literasi jika mengirimkan berita hoax tanpa data. Nah untuk membentenginya, banyak baca buku yang berkualitas. Dalam Pemilu, bisa tanya ke KPU. Melalui RPP kemarin dapat mengetahui informasi soal Pemilu,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Lampura, H. Agung Ilmu Mangkunegara mengatakan, medsos berita hoak sangat banyak, bahkan menyosialisasikan soal hoax. Namun jumlahnya menurun dibandingkan awal tahun. 

“Ini menandakan kecerdasan warga di Lampura bertambah baik, semoga pemilu dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” pungkasnya. (ozy/kyd)

Komentar

Rekomendasi