oleh

Mutu 377 Operator PAUD Ditingkatkan

Radarlampung.co.id – Sebanyak 377 operator satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di 20 Kecamatan Bandarlampung, mengikuti sosialisasi pendataan pendidik satuan jenjang taman kanak-kanak, di SMPN 16 Bandarlampung, Senin (25/2).

Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandarlampung bersama Pusat Kegiatan Gugus (PKG) kecamatan, ikatan guru TK (IGTK) dan pengawas. 

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Nurmansyah menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk mensosialisasikan pendataan dan menyinkronisasi data sekolah ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Menurutnya, satuan PAUD wajib memperbaharui data sekolah guna kepentingan sekolah itu sendiri dalam mengangkses informasi terkait perkembangan pendidikan.

Dalam sinkronisasi data sekolah di era seperti saat ini menurutnya tidaklah sulit, karena semua data dengan mudah dapat di kirim melalui sistem dalam jaringan (daring) atau online kepada yang membutuhkan.

“Kami kira dalam sinkronisasi data sekolah ke Dapodik tidaklah sulit lagi karena semua bisa melalui online. Kalaupun ada yang masih belum bisa atau terjadi kendala, silahkan berkonsultasi ke Disdikbud Bandarlampung,” ujar dia.

Lebih lanjut, Nurmansyah menerangkan, dari 377 satuan PAUD, sebanyak 329 data PAUD telah sinkron di Dapodik. Sisanya menurut dia pada hari ini akan disinkronkan melalui operator kecamatan dan Disdikbud Bandarlampung.

“Pentingnya satuan PAUD menyinkronkan data ke Dapodik sangat banyak sekali manfaatnya, selain data sekolah tersimpan di Kemendikbud, bila sewaktu-waktu ada bantuan dari pusat, tentunya satuan itu yang akan diutamakan,” tanfasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi