Berita Utama Wow, Animator Asal Lampung Tembus Oscar 2019

Wow, Animator Asal Lampung Tembus Oscar 2019

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ajang penghargaan film paling bergengsi dunia, The Academy Awards atau Oscar 2019 baru saja digelar di Dolby Theater, Hollywood Boulevard, Los Angeles, Amerika Serikat Minggu (24/2). Ini menjadi salah satu yang dinanti para penggiat industri hiburan di Hollywood.

Ya, itu lantaran penghargaan yang diberikan untuk orang-orang di balik kesuksesan film yang masuk nominasi. Namun, siapa sangka ada sosok asal Lampung di balik film yang masuk ke dalam nominasi piala Oscar 2019!

Ia adalah Rini Sugianto, wanita kelahiran Lampung, 3 Januari 1980 yang ikut terlibat di balik kesuksesan film Hollywood. Film Ready Player One karya sutradara Steven Spielberg menjadi film yang melibatkan Rini.

Keterlibatan Rini pada film yang masuk nominasi Oscar ini karena ia bekerja pada perusahaan produksi film, Industrial Light and Magic yang menjadi anak perusahaan dari Lucas Film, California. Rini yang berbasis di California dipercaya sebagai animator yang menggerakkan karakter dalam Ready Player One.

Baca :   Rapatkan Barisan, Kawal Kelancaran Sidang PHPU!

“Yup, saya ikutan dalam penggarapan film ini tahun lalu sekitar tiga bulanan,” kata Rini Sugianto kepada Radarlampung.co.id, Senin (25/2).

Menurut Rini, film yang menceritakan bagaimana petualangan dunia virtual dan nyata di masa depan memang memiliki efek visual yang luar biasa, sehingga berhasil merebut nominasi untuk piala Oscar 2019. Ia pun merasa senang bisa terlibat di tim animator film tersebut.

“Excited sekali ya, nominasi oscar salah satu penghargaan tinggi di dunia perfilman,” ujar alumnus SMP Xaverius 1 Bandarlampung ini.

Rini yang semasa kecilnya tak pernah bermimpi menjadi animator mengatakan kalau persaingan di industri perfilman khususnya animasi di Hollywood sangatlah ketat. Bukan hal yang mudah untuk ia bisa sampai di posisinya saat ini.

“Persaingannya ketat sekali, harus benar-benar bagus kerjaannya untuk bisa dapat kerjaan di dunia animasi. Tantangannya juga banyak. Untuk animator PR-nya adalah bagaimana membuat karakter animasi itu terlihat real,” ungkapnya.

Baca :   Waspada, Gelombang Tinggi Diprediksi Hingga Lima Meter

Selain Ready Player One, alumnus Universitas Parahyangan Bandung dan Academy of Art University San Francisco ini juga pernah menggarap projek animasi untuk film The Adventures of Tintin: The Secret of The Unicorn (2011), The Hobbit: An Unexpected Journey (2012), The Desolation of Smaug (2013), Ironman 3 (2013), Hunger Games: Catching Fire (2013), Ted 2 (2015), Avengers: Age of Ultron (2015), Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of The Shadows (2016).

Saat ini Rini sedang bekerja dengan Blizzard Entertainment, sebuah perusahaan pengembang dan penerbit permainan komputer Amerika Serikat yang markasnya terletak di Irvine, California.

“Lagi garap project untuk Blizzard. Do’akan ya,” pungkasnya.

Selain Rini Sugianto, ada pula nama Ronny Gani, animator asal Indonesia lainnya yang menjadi tim animator film Avengers: Infinity War yang juga masuk nominasi film Oscar 2019 kategori efek visual terbaik. (snd/sur) 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini