oleh

Ini Faktor Penyebab Inses

radarlampung.co.id – Kasus inses bisa terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya, peristiwa itu dilatarbelakangi pranata keluarga yang bermasalah, rasa memiliki serta melindungi.

Hal ini diungkapkan Sosiolog Universitas Lampung Vivit Barthoven terkait kasus inses yang terjadi di Pringsewu. Di mana, AG (18) diintimi ayah, kakak dan adiknya. ”Inses bisa terjadi karena ada masalah dengan pranata keluarga. Mestinya, keluarga melindungi. Namun malah menjadi predator bagi anggota keluarganya,” kata Vivit, Selasa (26/2).

Selain itu, masalah kejiwaan pelaku juga harus menjadi perhatian. ”Salah satunya dipengaruhi film porno yang dilihat atau faktor lain. Dulu, orang hidup dalam keluarga luas. Di mana, kontrol sosial norma diawasi. Tapi saat ini, hidup dalam keluarga inti dengan kegagalan fungsi peran ayah atau ibu. Akibatnya peluang itu terjadi,” tegasnya.

Ditambah lagi lingkungan masyarakat yang menganggap hal tersebut tidak dengan serius. Lantas menjadikan hal itu bukan urusan mereka. ”Tambah lagi lingkungan tetangga semakin individualis,” paparnya.

Diketahui, AG diintimi JM (44), ayah kandungnya. Gadis yang tinggal di Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu itu juga menjadi korban kebiadaban SA (23) kakaknya serta Ya (15), adiknya.

Kasatreskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas melalui Kanit PPA Ipda Primadona Laila mengatakan, AG merupakan gadis yang memiliki keterbelakangan mental. Ini juga yang menyebabkan  ketiga pelaku lebih leluasa menyetubuhinya.

”Peristiwa itu terjadi setelah istri JM meninggal 2018 lalu,” kata Primadona Laila. (mel/ais)

 

Komentar

Rekomendasi