oleh

Partisipasi OGN Tingkat Bandarlampung Baru 80 Persen

Radarlampung.co.id – Pemenang Olimpiade Guru Nasional (OGN) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandarlampung telah berakhir, Rabu (27/2).

Koordinator Pengawas Sekolah, Suwandi Umar mengatakan bahwa pihaknya selaku penilai hasil OGN telah menyerahkan hasil rekapitulasi nilai kepada Disdikbud Bandarlampung. 

Dari hasil pengawasan dan penilaian, tingkat partisipasi guru mengikuti OGN baru 80 persen. Sebab, beberapa sekolah tidak mengirimkan peserta. 

Hal itu dikarenakan beberapa penyebab, yakni informasi yang diterima sekolah cenderung terlalu mendadak. Itu lantaran, Petunjuk Teknis (Juknis) dari pusat turun Februari, sedangkan targetnya Maret sudah ada nama pemenang OGN untuk tingkat Provinsi. 

“Pelaksanaan OGN tingkat provinsi direncanakan pertengahan Maret. Jadi, alasannya banyak guru yang tidak siap,” terangnya. 

Sebenarnya OGN telah berlangsung tiga tahun ini. Bila berkaca dari tahun sebelumnya, pemerintah kota memberikan apresiasi bagi guru yang juara 1 tingkat kota Bandarlampung mendapat hadiah umrah. “Karena ada 7 mata pelajaran yang di lombakan, berarti ada 7 orang plus 3 orang pengawas, biasanya,” ujarnya. 

Selain umrah, sang juara mendapatkan sertifikat dan mendali, serta pembinaan langsung dari pengawas. “Kami melakukan pembinaan dengan menyerankan guru untuk melengkapi sumber referensi belajar, bisa dari aplikasi rumah belajar,” jelasnya. 

Lanjutnya, bila dilihat dari 2 tahun belakang, Lampung belum pernah masuk dalam urutan tiga besar juara di tingkat nasional. Sehingga, dia berharap tahun ini, setidaknya mendapat gelar juara di urutan ke tiga bahkan lebih. 

“Tahun kemarin saja kita yang mewakili Lampung hanya diurutan ke lima, tapi itu udah bagus, karena yang mendominasi pemenang itu rata-rata wilayah Jawa,” terangnya. 

Diketahui, sebanyak 150 guru jenjang SD dan SMP di Bandarlampung mengikuti OGN di SDN 1 Pengajaran, Kecamatan Telukbetung Utara, Bandarlampung, Selasa-Rabu (26-27/2). (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi