oleh

Waduh, Pelayanan Disdukcapil Tanggamus Lumpuh

radarlampung.co.id – Gangguan telekomunikasi yang menyebabkan putusnya jaringan internet membuat perekaman data dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus terhenti, Rabu (27/2).

Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan, gangguan jaringan internet diawali dari putusnya kabel telepon, Selasa sore (26/2). Saat itu pihaknya langsung menghubungi PT Telkom agar mengirim teknisi untuk melakukan perbaikan.

“Teknisi sudah datang untuk melakukan perbaikan, tadi pagi. Memang ada kabel yang putus sehingga harus diganti. Sempat normal. Tapi tidak lama teknisi pergi, jaringan internet kembali gangguan,” kata Syarif ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/2)

Lantaran gangguan tersebut, pelayanan lumpuh. Ada masyarakat yang tetap menunggu hingga sore. Namun sebagian langsung pulang begitu diumumkan ada gangguan jaringan.

“Jadi untuk hari ini kita hanya melayani dua pencetakan E-KTP dan dua perekaman data. Itu sebelum terjadi gangguan. Kami sudah berusaha kembali menghubungi teknisi, tapi ditunggu sampai pukul 15.30 WIB, mereka tidak datang,” tegasnya.

Selain menghambat pelayanan di kantor Disdukcapil, gangguan jaringan internet tersebut juga membuat pelayanan perekaman keliling di Kecamatan Gisting terhenti.

“Ya, di Gisting juga tidak bisa. Kan, data dari sana dikirim ke sini. Karena gangguan jaringan internet, maka tidak bisa dilakukan penginputan data. Untuk Gisting nanti dijadwalkan ulang lagi,” ucapnya.

Kendala dalam perekaman data tidak hanya terjadi hari ini saja. Syarif mengatakan, kondisi serupa terjadi sehari sebelumnya. Listrik di Kotaagung padam dan jaringan internet putus, sehingga perekaman keliling di Kampus STIMIK Kotaagung batal.

“Dua hal ini menjadi kendala utama yang menyebabkan perekaman batal. Padahal personel dan peralatan sudah siap. Kami minta maaf kepada warga Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung yang sudah datang, tapi tidak bisa perekaman. Kondisi itu bukan masalah dari kami,” kata dia.

Lebih lanjut Syarif mengungkapkan, perekaman untuk warga Kelurahan Baros akan dilakukan Sabtu (2/3). “Semoga listrik tidak padam dan jaringan internet bagus,” tukasnya. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi