oleh

Ayo Berbenah, Sakip Pesawaran Masih C!

radarlampung.co.id – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona meminta seluruh organisasi perangkat kerja daerah (OPD) memperbaiki penyusunan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Sakip). Saat ini, kabupaten tersebut baru mendapatkan nilai C.

”Kami masih masuk (Sakip) katagori C. Tapi kami tidak berdiam diri. Terus berbenah. Karena kami tahu, Sakip merupakan indikator utama dalam rangka tercapainya visi misi kami. Indikator yang harus kami penuhi dan kinerja serta kimitmen seluruh OPD untuk mengimplementasikan Sakip,” tegas Dendi Ramadhona saat membuka kegiatan pendampingan dan pembekalan Sakip di aula Swiss-Belhotel Lampung, Kamis (28/2).

Menurut dia, selain keterbatasan SDM, banyak kendala yang dihadapi. Termasuk ketersediaan fasilitas. Selain itu, banyak beban lain harus diprirotaskan. Namun bukannya Sakip dalam  tiga tahun kepemimpinan Dermawan tidak penting.

“Sesuai misi kami yang pertama, mewujudkan pemerintah yang bersih, terpercaya dan melayani. Kegiatan ini merupakan salah satu cara mengimplemntasikan misi kami berdua yang tertuang dalam RPJMD. Dengan adanya pendampingan dan pembekalan ini diharapkan ada pendalaman yang lebih terkait Indikator Kinerja Utama (IKU),” sebut dia.

Diakui Dendi, IKU yang dijalankan selama ini masih belum sesuai dengan format yang ada di Kemenpan RB. Sehingga masih ada waktu untuk memperbaiki IKU agar ke depan lebih baik lagi.

“Jangan sampai RPJM yang ditetapkan nantinya berbeda-beda IKU-nya. IKU menjadi urusan kita semua. Sebab ada reward dan punishment-nya. Nah, bagi (kepala OPD) yang tidak mendukung, didegradasi saja,” pungkasnya. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi