oleh

Penuhi Syarat untuk Operasional Bandara M. Taufik Kiemas

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat terus berupaya memenuhi persyaratan agar pesawat komersial bisa beroperasi di Bandara Muhammad Taufik Kiemas di Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan Pesisir Barat Hendry Dunant mengatakan, tahun ini akan ada penambahan dana dari pusat sebesar Rp50 miliar untuk penimbunan landasan pacu dan pembangunan tambahan di terminal bandara.

”Untuk operasional pesawat yang akan melayani penerbangan Krui-Bandarlampung-Jakarta, tergantung dari maskapai penerbangan,” kata Hendry, Jumat (1/3).

Menurut dia, dengan posisi data terbaru, perpanjangan runway (landasan pacu) menyebabkan perubahan titik koordinat. Setelah evaluasi dan verifikasi, dilakukan beberapa pekerjaan seperti pemotongan bukit di ujung landasan, pemangkasan tanam tumbuh, perbaikan tempat parkir area, pembuatan garis- garis jalan,  dan upaya pemenuhan keselamatan penerbangan.

”(Alat keselamatan penerbangan) kami ambil dari Bandara Kerinci atas rekomendasi dari Dirut Bandara. Sekarang masih dalam proses perjalanan. Setelah itu selesai, baru komunikasikan lagi ke maskapai. Terpenting, ami sudah memenuhi semua persyaratan,” tegasnya.

Lebih lanjut Hendry mengungkapkan, sebenarnya maskapai penerbangan Trans Nusa siap melayani rute penerbangan Krui-Bandarlampung-Jakarta. Namun belum ada kesepakatan dengan Pemkab Pesisir Barat. Maskapai tersebut siap terbang tiga kali dalam sepekan, yakni Sabtu,  Minggu dan Senin.

“Trans Nusa seminggu tiga kali.  Tetapi belum tuntas untuk teknis pembiayaan. Mereka minta penumpang full terus. Sementara kondisinya masih seperti ini. Kami belum sepakat untuk itu,” sebut dia. (try/ais)

Komentar

Rekomendasi