oleh

Dibangun, Pasar Gerning Bisa Operasi Setiap Hari

radarlampung.co.id – Kementerian Perdagangan sudah membangun tiga unit pasar rakyat di Pesawaran melalui tugas pembantuan (TP). Yakni pasar rakyat Sukaraja Desa Gerning, pasar rakyat Desa Batanghari Ogan di Kecamatan Tegineneng pada 2018. Kemudian pasar rakyat Desa Roworejo, Kecamaan Negerikaton pada 2017.

Hal itu disampaikan Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan Sihard Hadjjopan Pohan saat mengunjungi pasar rakyat di Desa Gerning, Sabtu (2/3).

”Tadinya model lama, dibangun pasar baru sehingga diharapkan waktu pasaran yang tadinya hanya dua hari bisa beroperasional setiap hari,” kata Sihard Hadjjopan Pohan kepada Radarlampung.co.id.

Kunjungan tersebut didampingi Kepala Dinas Pasar Pesawaran Sam Herman, Kepala Bidang Perdagangan Dahsyatia, Kepala Bidang Pasar Jurna dan pejabat lain.

Selain harus memiliki lahan, lanjut Pohan, syarat lainnya yang harus dipenuhi suatu daerah untuk mengajukan usulan pembangunan pasar adalah embrio pasarnya atau konsumen yang berbelanja di tempat tersebut.

”Selain ketersedian lahan, harus dilihat juga embrio pasarnya,” tegasnya.

Dari target 5000 unit pasar yang dicanangkan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, sebanyak 4211 unit pasar rakyat yang telah dibangun

Sementara dari target pembangunan 5.000 pasar yang masuk dalam nawacita Presiden Joko WIdodo, saat ini sudah sudah terealisasi 4.211 unit. ”Pembangunannya melalui dana alokasi khusus maupun tugas pembantuan,” sebut dia.

Terkait pembangunan pasar rakyat di Gerning, Kepala Desa Eko Wahyuningsih menuturkan, pasar tersebut sudah ada sejak 1976. ”Alhamdulillah, sekarang pasar Gerning sudah menjadi pasar representatif dengan prototipe yang baru,” kata Eko. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi