oleh

Pendaftaran UTBK Kembali Dibuka, Server Tetap Lamban

Radarlampung.co.id – Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 yang dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kembali di buka, Senin (4/3). Di mana sebelumnya, pendaftaran harus ditutup, Jumat (1/3), karena ada kendala teknis.

Humas PMB Unila, M. Komarudin mengatakan, hingga saat ini yang mendaftar ke Unila telah mencapai 405 pendaftar, 277 memilih Saintek dan 128 Soshum. 

Menurutnya, bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran dan sudah membayar serta mencetak kartu tanda peserta (sebelum 4 Maret 2019), proses sudah selesai.

“Bagi peserta yang sudah melakukan login sampai mendapatkan kartu tanda peserta, tapi belum melakukan pembayaran diharuskan melakukan login kembali ke laman pendaftaran 

untuk mendapatkan slip pembayaran yang baru dan segera melakukan pembayaran di Bank sebelum pukul 22.00WIB hari ini agar lokasi ujian, tanggal dan sesi yang dipilih masih tetap berlaku,” jelasnya kepada radarlampung.co.id, Senin (4/3).

Sedangkan bagi pendaftar yang baru login mulai hari ini, berlaku ketentuan seperti yang sudah diumumkan pada web LTMPT. 

“Masyarakat mohon bersabar karena proses pendaftaran UTBK Gelombang I ini masih dilayani sampai dengan 24 Maret 2019. Diharapkan pendaftar tidak perlu memaksakan diri untuk memilih salah satu lokasi ujian saja karena masih ada kesempatan di lokasi ujian lain di kota yang sama atau di kota yang lain,” tandasnya. 

Dilain sisi, diketahui akses pendaftaran masih dinilai lambat melalu laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id dengan menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password. 

Koordinator TIK LTMPT 191 Universitas Lampung, Hery Dian Septama mengatakan bahwa pasca dibuka kembali pendaftarannya, antusias pendaftar belum terlihat karena servernya lamban.

“Problem pendafataran yang agak lambat, karena banyaknya pendaftar yang mencoba akses. Tapi panitia pusat sedang menambah kapasitas server,” katanya. 

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Institute Teknologi Sumatera (Itera) Irfanianta Arif Setyawan mengatakan pihaknya masih menemukan kendala. “Sampai Senin pagi sekitar jam 10 ada siswa yang ke Itera menyampaikan website pendaftaran masih belum bisa di akses,” pungkasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi