oleh

Sucikan Diri Sebelum Perayaan Nyepi

radarlampung.co.id – Ratusan umat Hindu mengikuti upacara Melasti di Taman Wisata Muara Indah, Kelurahan Baros Kecamatan Kotaagung, Tanggamus Senin (4/3). Kegiatan tersebut berlangsung menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941.

Penasehat Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Tanggamus I Wayan Gedeng mengatakan, melasti merupakan upacara yadnya yang secara umum bertujuan mensucikan diri lahir dan batin. ”Melasti merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi. Artinya pensucian. Pensucian buana agung dan buana alit,” papar Wayan Gedeng.

Ditambahkan Ketua Panitia I Nyoman Kiarta didampingi Ketua Parisada (PHDI) Tanggamus Suhendratno, upacara melasti dipimpin Jero Mangku Sumino. Kegiatan ini dihadiri 300 umat Hindu yang berasal dari tiga kecamatan, yakni Kotaagung, Wonosobo dan Semaka.

“Setelah seremonial sambutan, acara dilanjutkan dengan sembahyang dan melarung hasil bumi dan ternak seperti angsa, ayam dan bebek ke laut. Ini sebagai ungkapan syukur kepada Sang Hyang Widhi karena semua itu berasal dari-Nya dan juga untuk menjaga keseimbangan alam semesta,” sebut Nyoman Kiarta. (ral/ehl/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi