oleh

Tolong! Gajah Dekati Pemukiman di Bengkunat

radarlampung.co.id – Warga empat pekon di Kecamatan Bengkunat, yang berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) resah dengan kedatangan puluhan ekor gajah. Kawanan hewan berbelalai itu memasuki perkebunan sejak tiga hari terakhir.

Menurut Ary Suhendra, salah seorang warga, sekitar 20 gajah berada di sekitar Pekon Wayharu, Siringgading, Waytiyas, dan Pekon Bandardalam.

”Sudah tiga hari gajah-gajah itu terlihat. Kami sudah berusah menghalau dengan alat seadanya. Tapi gajah-gajah itu belum pergi juga,” kata Ary.

Sebelumnya, belasan gajah mendekat ke pemukiman di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat, Senin (4/2). Bahkan hewan berbelalai itu merusak tempat pemakaman umum (TPU) dan menghancurkan keranda.

Camat Suoh Novi Andri mengatakan, sejak sepekan terakhir kawanan gajah berada di dekat pemukiman. Puncaknya Minggu malam (3/2), hewan tersebut memasuki areal TPU dan menginjak-injak makam serta melakukan perusakan.

”Ada sejumlah makam yang diinjak-injak oleh kawanam gajah. Kemudian keranda juga dirusak,” kata Novi Andri, Senin (4/2).

Kabid TNBBS Wilayah II Liwa Amri mengungkapkan, pihaknya telah menurunkan tim untuk memantau aktifitas gajah yang mulai melintasi pemukiman dan perkebunan warga di Pekon Roworejo.

”Anggota kami sudah turun untuk memantau aktifitas sekitar 12 ekor gajah. Memang pada tahun-tahun sebelumnya, gajah ini sempat turun dari daerah Blok 3 dan mendekati Pekon Roworejo,” kata Amri. (try/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi