oleh

Dinkes Mesuji Periksa Kebugaran Calon Jamaah Haji

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebagai upaya memelihara dan meningkatkan kondisi kesehataan calon jamaah haji (CJH), Dinas Kesehataan (Dinkes) Mesuji bekerja sama dengan Dinkes Provinsi beserta Kementerian Agama setempat mengadakan pengukuran kebugaran 161 CJH, di Lapangan Nusa Indah, Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (5/3).

Peserta mengikuti pemeriksaan fisik. Salah satunya diharuskan berjalan kaki dan lari 1.600 m, kemudian lari cepat 6 menit untuk kelompok resiko tinggi (umur 70 keatas),

Plt. Kepala Dinkes Mesuji Ardi Umum kepada Radarlampung.co.id, Selasa (5/3), menjelaskan, lewat tes ini para CJH dapat diukur tingkat kebugarannya. Ada empat tingkatan kebugaran yakni kurang, cukup, baik, dan sangat baik.

Setelah itu, peserta akan diberi penyuluhan dan konsultasi serta mendapatkan kartu yang digunakan untuk memperbaiki kondisi fisiknya.

Selain untuk mengukur tingkat kebugaran, lanjut dia, CJH bisa melakukan persiapan lebih agar dapat benar-benar fit menjalankan ibadah haji nantinya. “Dengan mengetahui kondisi tubuh, para CJH bisa mempersiapkan apa yang kurang dari kesehatan Mereka menjelang keberangkatan, saat di tanah suci, dan pulang ke tanah air tetap sehat dan bugar,” harapnya.

pihaknya  berharap semua jemaah dapat menjaga kesehatan mereka sampai berangkat dengan rajin berolahraga di rumah masing-masing, istirahat cukup, makan sayur dan buah-buahan. “Juga melakukan cek kesehatan berkala dan (bagi perokok) mengurangi merokok,” jelasnya. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi