oleh

Kelistrikan Kembali Normal, PLN Lampung Hentikan Pemadaman Bergilir

Radarlampung.co.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung memastikan kondisi kelistrikan telah kembali normal  sejak 2 Maret 2019 lalu, sehingga tidak akan ada lagi pemadaman listrik bergilir yang terjadi sepekan belakangan ini.

Plt. Manager Komunikasi PT PLN (Persero) UID Lampung, Junarwin menjelaskan, meski sempat ada pemadaman listri pada Senin (4/3) malam, menurutnya hal tersebut bukan dikarenakan gangguan pada pembangkit listrik. 

“Kondisi kelistrikan sudah kembali normal dan recovery sudah selesai dilakukan sejak 2 Maret kemarin. Kalau pun ada pemadaman tadi malam, itu bukan karena gangguan pada pembangkit. Melainkan trouble suply dari Bukit Asam, jadi semua padam,” kata Junarwin kepasa Radarlampung.co.id, Selasa (5/3). 

Dia menjelaskan, progress recovery PLTA Waybesai dilakukan lantaran adanya longsor pada sisi hulu pembangkit listrik tersebut. Hal itu mengakibatkan tanah bebatuan serta sampah masuk ke dalam aliran air menuju pintu masuk turbin yang berupa terowongan tersebut.

Sehingga, sambung dia, PLTA Waybesai tidak direkomendasikan untuk beroperasi dan dihentikan sesaat sembari menjalani proses pembersihan. “Daripada sampahnya menyangkut dan merusak turbin, sehingga kita putuskan untuk di-off-kan, dan direcovery untuk pembersihan,” tandasnya. 

Sebelumnya, PT PLN (Persero) UID Lampung melakukan pengurangan beban (pemadaman) bergilir dalam waktu beberapa hari kedepan. Pemadaman bergilir tersebut akan dimulai pukul 17.30 – 00.00 WIB

Plt. Manager Komunikasi PT PLN (Persero) UID Lampung, Junarwin mengatakan, pasokan listrik Lampung saat ini mengalami defisit daya sebesar 189 MW, lantaran tiga Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) PLN UID Lampung mengalami kekurangan pasokan gas akibat pemeliharaan di sisi hulu suplay gas. (ega/kyd)

Komentar

Rekomendasi