oleh

Kemenpan RB Tinjau MPP Tuba, Begini Hasilnya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengunjungi sekaligus monitoring persiapan peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulangbawang di komplek perkantoran Tiuh Tohou Menggala.

Kemenpan RB diwakili Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jefri Erlan Muller beserta tim.

Sebelum melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemkab Tulangbawang, tim dari Kemenpan RB terlebih dahulu berkeliling melihat proses pelayanan di gedung MPP setempat.

Proses pelayanan seperti administrasi kependudukan, perizinan, pelayanan kesehatan, serta instansi vertikal yang ada di dalam gedung seperti perbankan, pembuatan SKCK, BPOM, Kejari, Kemenag, ruang UMKM, ruang khusus ibu menyusui juga ruang ramah disabilitas dan lainnya tak luput dari perhatian.

Setelah berkeliling dan melakukan rapat koordinasi dengan Pemkab Tulangbawang, Jefri mengatakan program Pemerintahan dalam pelayanan yang cepat, murah, layak, dan nyaman dalam pelayanan yang ramah merupakan tujuan dibangunnya Mal Pelayanan Publik.

“Filosofinya untuk mendukung pelayanan dengan kemudahan. Ibarat kita kesebuah tempat Mall, semua ada, begitu jika ini, pusat pelayanan yang serba cepat, murah, dan nyaman. Kita berfikir, bagaimana pelayanan bisa selesai dalam hitungan menit, di luar negeri ada pelayanan yang selesai dalam 7 menit, nah kita mencoba seperti itu, kita mulai dari ini,” katanya saat ditemui radarlampung.co.id seusai rapat koordinasi, Selasa (5/3).

Jefri melanjutkan, selain pelayanan, di MPP, bisnis proses juga harus mudah, koordinasi kerjasama antar instansi, infrastruktur jaringan, dan bank data harus siap.

Menurutnya, hal-hal kecil yang berpengaruh juga harus diperhatikan. Seperti alur keluar masuk masyarakat, peta/bahan alur proses pelayanan, dan potensi layanan harus disesuaikan dengan ruangan.

Di tempat yang sama, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial Dr. Akhmad Suharyo mewakili Bupati Tulangbawang Winarti yang berhalangan hadir mengatakan, Pemkab Tulangbawang akan terus melaporkan perkembangan terkini dan perbaikan layanan MPP sesuai standar pelayanan yang ditetapkan Kemenpan RB.

“Kami optimis penyelesaian bentuk dan standar pelayanan akan cepat kita perbaiki, karena ini yang pertama kita lakukan bahkan di Provinsi Lampung, atas bimbingan dari Kemenpan RB kami optimis, MPP akan bisa segera beroperasi maksimal untuk masyarakat Tulangbawang,” tandasnya. (nal/sur) 

Komentar

Rekomendasi