oleh

Pemkab Tanggamus Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

radarlampung.co.id – Tim penanggulangan bencana Pemkab Tanggamus dipimpin Pj. Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis menggelar rapat evaluasi dengan pihak terkait, Selasa (5/3). Ini bertujuan mengetahui kondisi riil pascabanjir dan penanganan yang harus dilakukan.

Rapat berlangsung di Balai Pekon Sukamulya, Kecamatan Pugung. Wilayah ini menjadi salah satu titik terdampak banjir akibat luapan sungai Way Gading dan Way Komering. Hadir dalam rapat tersebut Kepala BPBD Tanggamus Romas Yadi, Kepala Dinas Kesehatan Sukisno, kepala bidang di Dinas PUPR, KUPT Dinas Pendidikan, kapolsek, danramil, camat, kepala pekon dan lainnya.

Rapat memutuskan menurunkan alat berat untuk penanganan banjir pada daerah terparah. ”Kemudian menjadikan Balai Pekon Sukamulya, Kecamatan Pugung sebagai posko utama penanggulangan bencana banjir wilayah Timur,” kata Hamid H. Lubis .

Selanjutnya, dilakukan pembagian ratusan nasi bungkus untuk korban banjir. Sambil menunggu datangnya bantuan bahan makanan siap saji dari Pemkab Tanggamus seperti mi instan, sarden, beras  dan air kemasan.

Langkah selanjutnya, personel Satpol PP dan Dinas Perhubungan membantu warga membersihkan genangan air dan lumpur. Lalu sisa banjir di gedung sekolah dan rumah ibadah.   ”Kita juga membentuk posko kesehatan di sejumlah pekon terdampak bencana. Mendata sarana belajar seperti buku-buku pelajaran yang rusak. Tanggap darurat bencana ditetapkan hingga satu minggu ke depan,” tegasnya. (ehl/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi