oleh

Selfi dan Awa Bawa Nama Lampung dan Darmajaya ke Rusia

Radarlampung.co.id – Senyum manis terlihat dari wajah kedua mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya ini. Bagaimana tidak, mereka akan menjalani perkuliahan selama satu semester di Russian State Sosial University (RSSU). 

Sebuah kesempatan yang tidak pernah dibayangkan kedua mahasiswi itu selama ini. Namun, mimpi dua gadis ini terwujud setelah mereka menuntut ilmu di Kampus Biru, julukan IIB Darmajaya.

Sefnia Amalia Putri (20) dan Nazwa Ikmalia Fahmi (20), begitu nama lengkap kedua mahasiswi itu. Pesawat yang ditumpangi mereka akan transit ke Thailand dan melanjutkan perjalanan menuju Bandara Domodedovo, Moskow. Keduanya tiba di negeri Beruang Putih, Senin (4/3).

Belajar ke negeri orang, keduanya harus banyak mempersiapkan diri dan mental yang tangguh. Terlebih, Eropa memasuki musim dingin termasuk Rusia. Baik Sefi-panggilan akrab Sefnia dan Awa-sapaan Nazwa menyiapkan pakaian berbahan tebal untuk dibawa ke Rusia.

Rektor Darmajaya, Firmansyah Y Alfian, M.B.A., M.Sc., mengatakan, pengiriman mahasiswa untuk kuliah di luar negeri menjadi rutinitas tahunan dalam pengembangan ilmu secara akademis maupun nonakademis. 

“Mahasiswa tidak hanya mengetahui Indonesia ataupun Lampung tetapi harus juga mengetahui dunia luar. Kedua mahasiswi kita agar dapat menjalankan perkuliahan dengan baik selama di RSSU,” kata Ketua Aptisi Wilayah II B Lampung itu, Selasa (5/3).

Dia juga berpesan untuk menjaga nama baik Indonesia, Lampung, dan juga Kampus Darmajaya. “Mereka membawa nama Lampung dan juga Darmajaya. Sebagai orang Indonesia juga harus mengenalkan keramah-tamahan selama menjalani kehidupan sehari-hari di sana. Ambil nilai-nilai yang baik selama di sana dan terapkan di Indonesia dan Darmajaya. Dan, kenalkan kalau kita memiliki budaya Darmajaya The Best,” ujarnya.

Sebagai kampus yang memiliki kelas internasional, lanjut Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Lampung itu, Darmajaya juga setiap tahun menerima mahasiswa asing, baik dari Asia, Eropa, maupun Timur Tengah untuk menimba ilmu di kampus yang dikenal memiliki nilai religius tinggi.

“Kami siap menerima mahasiswa asing untuk belajar di sini, di kampus Biru Darmajaya. Ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa dan mahasiswi IIB Darmajaya untuk sharing ilmu dan pengetahuan dengan menimba ilmu di kampus-kampus terkenal di luar negeri. Sehingga mahasiswa akan melek teknologi dan mengenal dunia pendidikan tingkat dunia,” tandas Firmansyah. (rls/apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi